Macam Gerakan Bermain Voli Yang Wajib Di Ketahui

Macam Gerakan Bermain Voli Yang Wajib Di Ketahui
Macam Gerakan Bermain Voli Yang Wajib Di Ketahui
Macam Gerakan Bermain Voli Yang Wajib Di Ketahui

Macam Gerakan Bermain Voli Yang Wajib Di Ketahui Untuk Nantinya Bisa Kamu Pelajari Melalui Teknik Dasarnya. Halo semuanya kita kembali lagi menyapa kalian dengan berbagai informasi yang akan selalu menarik. Terlebih untuk nantinya dapat kamu baca dan menyimaknya. Tentu kami akan terus memberikan hal-hal yang berguna untuk dapat menyimaknya. Guna dapat kamu baca keseluruhan informasi yang akan terus menambah wawasan anda. Nah pada kesempatan kali ini juga tak kalah menariknya untuk dapat anda simak. Kali ini kita akan berikan sebuah berita tentang olahraga yang sangat menyenangkan. Pasti dari kalian ada yang sangat menyukai olahraga yang sepenuhnya menggunakan tangan ini. Terlebih dalam pelaksanaannya olahraga satu ini mempunyai berbagai teknik yang bisa kamu pelajari. Guna dapat bermain secara menyenangkan dengan berbagai teknik di dalamnya. Namun kamu yang belum mengetahuinya maka dari itu nantinya kita akan berikan informasi Macam Gerakan Bermain voli. Untuk nantinya kamu dapat mengetahui teknik apa saja.

Mengenai konten Macam Gerakan Bermain voli yang wajib di ketahui telah di tinjau oleh Tokopedia.com.

Serving Atau Service

Tentu! teknik satu ini adalah salah satu elemen kunci dalam permainan voli yang memulai setiap rally. Ada beberapa jenis servis yang umum di gunakan dalam voli. Pemain melakukan servis dengan melempar bola di atas kepala. Dan juga nantinya dapat memukulnya dengan tangan yang berlawanan. Terlebih hal ini memberikan keleluasaan untuk memberikan efek pada bola. Contohnya seperti topspin bolanya berputar ke depan atau float atau bolanya tidak berputar. Biasanya di gunakan untuk servis yang lebih kuat dan akurat. Kemudian nantinya pemain melakukan servis dengan memukul bola dari bawah. Teknik ini sering di gunakan oleh pemain yang masih belajar atau untuk servis yang lebih konsisten. Bola dapat di luncurkan rendah ke atas net dengan kecepatan moderat. Pemain melakukan servis dengan melempar bola dari samping badan dan memukulnya.

Macam Gerakan Lainnya Bermain Voli Yang Wajib Di Ketahui

Tidak hanya itu saja yang bisa kamu ketahui tentang teknik permainan ini. Maka dapat menyimak Macam Gerakan Lainnya Bermain Voli Yang Wajib Di Ketahui. Dan teknik lainnya yaitu:

Forearm Passing

Teknik satu ini juga di kenal sebagai forearm pass atau sering disebut sebagai passing, adalah salah satu gerakan dasar dalam voli yang penting untuk di kuasai. Ini adalah teknik untuk menerima dan mengarahkan bola dari servis lawan ke arah setter untuk membangun serangan. Posisi tubuh yang tepat adalah kunci untuk melakukan forearm passing dengan baik. Pemain harus berdiri dengan kaki selebar bahu, lutut sedikit di tekuk. Dan juga berat badan seimbang di telapak kaki.
Terlebih menggunakan kedua lengan mereka untuk melakukan forearm passing. Lengan dominan di tekuk di siku dengan tangan terbuka. Sementara lengan non-dominan di tempatkan di depan dan sedikit lebih rendah, membentuk platform untuk bola. Ketika bola mendekati pemain, mereka harus mengarahkan platform mereka ke arah bola. Tentunya menjaga siku tetap lurus, dan memastikan bahwa bola mengenai bagian dalam lengan bawah mereka.

Saat bola menyentuh platform, pemain harus menggerakkan lengan mereka ke belakang sedikit untuk menyerap kekuatan dari servis lawan. Ini membantu mengurangi kecepatan bola dan mengontrolnya dengan lebih baik. Setelah menerima bola, pemain harus mengarahkan arahnya ke arah setter dengan menggerakkan lengan mereka ke arah yang di inginkan. Hal ini memungkinkan setter untuk melakukan pengaturan yang tepat untuk serangan selanjutnya. Konsistensi dalam forearm passing sangat penting. Pemain harus berlatih untuk melakukan gerakan yang sama secara berulang-ulang. Sehingga mereka dapat memberikan penerimaan yang stabil dan akurat setiap kali. Komunikasi antara pemain yang menerima servis dan setter sangat penting. Pemain yang melakukan forearm passing harus memberi tahu setter tentang kondisi bola. Misalnya, apakah bola bergerak ke kiri atau kanan nantinya.

Jenis Teknik Memainkan Voli Yang Bisa Anda Pelajari

Tentu masih ada Jenis Teknik Memainkan Voli Yang Bisa Anda Pelajari. Dan simaklah kelanjutan gerakan lainnya yaitu:

Bumping Atau Bump Passing

Gerakan satu ini juga di kenal sebagai bump passing adalah salah satu gerakan dasar. Tentunya dalam permainan voli yang penting untuk di kuasai. Ini adalah teknik untuk menerima dan mengarahkan bola dari servis lawan ke arah setter untuk membangun serangan. Posisi tubuh yang tepat adalah kunci untuk melakukan bumping dengan baik. Pemain harus berdiri dengan kaki selebar bahu, lutut sedikit di tekuk, dan berat badan seimbang di telapak kaki. Dan juga nantinya dapat menggunakan kedua lengan mereka untuk melakukan bumping. Lengan dominan ditekuk di siku dengan tangan terbuka. Sementara lengan non-dominan di tempatkan di depan dan sedikit lebih rendah, membentuk platform untuk bola. Ketika bola mendekati pemain, mereka harus mengarahkan platform mereka ke arah bola. Terlebih nantinya dapat menjaga siku tetap lurus, dan memastikan bahwa bola mengenai bagian dalam lengan bawah mereka. Saat bola menyentuh platform, pemain harus menggerakkan lengan mereka ke belakang sedikit.

Guna nantinya untuk menyerap kekuatan dari servis lawan. Ini membantu mengurangi kecepatan bola dan mengontrolnya dengan lebih baik. Setelah menerima bola, pemain harus mengarahkan arahnya ke arah setter dengan menggerakkan lengan mereka ke arah yang di inginkan. Hal ini memungkinkan setter untuk melakukan pengaturan yang tepat untuk serangan selanjutnya. Konsistensi dalam bumping sangat penting. Pemain harus berlatih untuk melakukan gerakan yang sama secara berulang-ulang. Sehingga mereka dapat memberikan penerimaan yang stabil dan akurat setiap kali. Komunikasi antara pemain yang menerima servis dan setter sangat penting. Pemain yang melakukan bumping harus memberi tahu setter tentang kondisi bola misalnya, apakah bola bergerak ke kiri atau kanan untuk membantu setter mengambil keputusan yang tepat. Bumping adalah keterampilan yang kompleks tentunya.

Jenis Teknik Lainnya Memainkan Voli Yang Bisa Anda Pelajari

Kemudian ikutilah Jenis Teknik Lainnya Memainkan Voli Yang Bisa Anda Pelajari. Untuk kelengkapannya simaklah yaitu:

Overhand Passing

Gerakan satu ini juga di kenal sebagai overhand pass dan overhead pass. Terlebih ia adalah salah satu gerakan dasar dalam voli yang penting untuk di kuasai. Ini merupakan teknik untuk menerima dan mengarahkan bola dengan tangan di atas kepala. Tentu sering di gunakan untuk menerima servis lawan atau melakukan pengaturan bola untuk serangan.  Posisi tubuh yang tepat adalah kunci untuk melakukan overhand passing dengan baik. Pemain harus berdiri dengan kaki selebar bahu, lutut sedikit di tekuk. Dan juga berat badan seimbang di telapak kaki. Pemain menggunakan kedua lengan mereka untuk melakukan overhand passing. Salah satu tangan di tempatkan di bawah bola sedangkan tangan yang lainnya. Kemudian juga di tempatkan di atas bola, membentuk tiga jari yang membuka seperti mangkuk.

Saat bola menyentuh telapak tangan, pemain harus menyerap kekuatan dari servis lawan dengan meredamnya secara perlahan. Ini membantu mengurangi kecepatan bola dan mengontrolnya dengan lebih baik. Setelah menerima bola, pemain harus mengarahkan arahnya ke arah setter atau pemain serangan dengan menggerakkan lengan mereka ke arah yang di inginkan. Hal ini memungkinkan setter untuk melakukan pengaturan yang tepat untuk serangan selanjutnya. Konsistensi dalam overhand passing sangat penting. Pemain harus berlatih untuk melakukan gerakan yang sama secara berulang-ulang. Sehingga mereka dapat memberikan penerimaan yang stabil dan akurat setiap kali. Komunikasi antara pemain yang melakukan overhand passing dan setter atau pemain serangan sangat penting. Pemain harus memberitahu rekan-rekan tim mereka tentang kondisi bola. Tentunya misalnya, apakah bola bergerak ke kiri atau kanan untuk membantu mereka mengambil keputusan yang tepat.

Maka dari itulah yang bisa kamu pahami dan pelajari nantinya terkait voli tentang Macam Gerakan Bermain.